Ini Dia Hal Yang Harus Dilakukan Agar Rumah Anda Bebas Tanpa Gangguan Rayap

tips dan trik

Memiliki rumah yang aman nyaman dan tentram adalah impian semua orang. Namun, kondisi alamiah terkadang membuat suasana rumah menjadi terganggu. Salah satu faktor penyebab ketidak nyamanan ini Adah karena datangnya hama pengganggu. Jenis hama yang biasa mengganggu dan membuat kerusakan di rumah adalah rayap. Gangguan rayap yang menyerang perabotan rumah dan bangunan tidak bisa dibiarkan dalam waktu yang lama. Rayap dapat semakin menjadi-jadi jika anda tidak melakukan aksi basmi sama sekali.

Untuk melakukan aksi pembasmian rayap kini bukan lagi menjadi hal yang susah. Sudah ada banyak sekali jasa yang siap melayani anda kapan saja untuk membasmi koloni rayap di rumah anda. Bahkan tidak hanya di kota-kota besar, jasa anti rayap Gresik dan sekitarnya pun bisa anda temukan dengan mudahnya. Meskipun begitu, sebagai pemilik rumah hendaknya anda senantiasan menjaga kondisi rumah anda. Sehingga yang anda lakukan sebelum membasmi rayap adalah tindakan mencegah agar rayap tidak lantas hinggap dan melakukan serangannya.

Banyak orang yang tidak memiliki wawasan terkait pencegahan serangan rayap. Alhasil, dalam kurun waktu beberapa tahun saja, rumah baru yang dihuni sudah menjadi sarang rayap, si hama perusak. Lantas apa yang harus dilakukan?

Tindakan Pencegahan Serangan Rayap

Mencegah akan selalu lebih baik dari pada mengobati. Istilah tersebut juga layak dijadikan motivasi untuk anda yang kini sedang menjaga rumah anda dari kondisi ketidaknyamanan akibat hama rayap. Karenanya, sebelum rayap-rayap tersebut menjadi hama perusak perabotan rumah anda, perlu anda ketahui langkah praktis melakukan tindakan pencegahan. Apa saja itu? Berikut di bawah ini beberapa tindakan yang bisa anda biasakan dari sekarang :

  • Selalu menjaga keasrian dan kebersihan hunian rumah

Yang namanya hewan pengganggu, tentu akan lebih suka hinggap pada lingkungan yang kotor dan tidak terawat dengan baik. Karenanya, tindakan menjaga kebersihan rumah adalah hal yang cukup penting untuk anda perhatikan. Dengan kondisi rumah yang selalu terjaga kebersihannya, maka rayap pun akan enggan membangun sarangnya pada lingkungan rumah anda.

  • Menjaga agar jangan sampai rumah dalam keadaan lembab

Seperti yang sudah kebanyakan anda tahu, salah satu kondisi lingkungan yang paling disukai oleh rayap adalah kondisi lembab. Untuk menjaga agar rumah tidak dalam kondisi lembab, maka usahakan anda membuat banyak celah pada setiap bagian rumah. Celah tersebut yang akan menjadi jalan keluar masuknya udara dan juga sinar matahari. Dengan begitu, rumah anda tidak akan menjadi kriteria tempat favorit bagi rayap untuk membangun koloninya.

  • Menyumbat segala kebocoran yang menjadi jalannya rayap

Ada banyak media yang menjadi jalan masuk keluarnya rayap. Diantaranya adalah seperti lubang kebocoran pada pipa, atap bocor, dan lubang-lubang lain yang kondisinya kotor dan lembab. Hal ini yang harus anda sumbat dengan baik. Sehingga tidak ada lagi celah atau jalan masuknya rayap ke dalam rumah anda.

  • Jika memungkinkan, gunakan cat pelapis

Cat pelapis yang bisa anda jadikan andalan adalah cat yang mengandung anti jamur. Cat pelapis jenis ini biasanya akan membuat rayap sulit mengenali aroma selulosa yang berasal dari kayu. Sehingga akan membuat peluang masuknya rayap jadi lebih berkurang.

Beberapa hal di atas, jika senantiasa bisa anda jaga dengan baik, maka akan meminimalisir masuknya rayap ke dalam rumah anda. Rumah anda pun jadi bisa lebih terjaga dari gangguan rayap perusak.