LANGKAH-LANGKAH MENDAFTAR SELLER UMKM DI PASAR DIGITAL UMKM

tips dan trik

Agustus 2020 menjadi bulan yang sangat berarti bagi UMKM di seluruh Indonesia. Karena di bulan tersebut telah lahir sebuah platform digital yang diperkenalkan oleh pemerintah Indonesia melalui Kementerian BUMN. Platform itu diberi nama Pasar Digital UMKM atau biasa disingkat PaDi UMKM.

Dengan inisiasi Kementerian BUMN serta sinergi dari Kementerian Koperasi dan UKM dan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah, Pasar Digital UMKM berhasil diperkenalkan kepada publik Indonesia tepat dengan HUT RI yang ke-75.

Platform ini menjadi sebuah cara untuk membangkitkan ekonomi Indonesia yang saat ini sedang terpuruk. Memang penurunan ekonomi terjadi di seluruh dunia, karena saat ini wabah corona telah menghantui masyarakat dunia selama setahun penuh. Kami rasa, tahun ini akan tercatat dalam sejarah sebagai tahun yang kelam bagi umat manusia.

UMKM pun menjadi salah satu korban dari adanya wabah virus corona ini. Mereka mulai kesulitan mendapatkan pembiayaan untuk modal usaha mereka dan juga tentunya permintaan pasar yang cenderung menurun. Semua orang memang berusaha save money di dalam keadaan seperti ini karena tidak ada yang tahu berapa lama wabah ini akan berlangsung.

Bahkan hampir dari setengah UMKM yang ada di Indonesia menyatakan gulung tikar karena tidak mampu bertahan dalam situasi dan kondisi seperti saat ini. Padahal selama ini UMKM lah yang memberikan kontribusi besar kepada negara Indonesia. Oleh karena itu, pemerintah memberikan berbagai kebijakan dan keringanan kepada pelaku UMKM agar mereka dapat membangun usaha mereka kembali, terbukti dari bantuan presiden yang diberikan kepada pelaku UMKM dan juga pengampunan pajak.

Pemerintah juga mendorong pelaku UMKM terus meningkatkan produktivitasnya dalam memberikan kontribusi kepada negara. Oleh karena itu, muncul lah PaDi UMKM ini untuk memperluas akses pasar UMKM yang ada di Indonesia.

Bagi UMKM yang ingin bergabung dengan PaDi UMKM bisa melakukan langkah-langkah berikut:

  1. Klik “Daftar” di pojok kanan atas halaman utama PaDi UMKM B2B.
  2. Isi kelengkapan data pada step 1 ( Nama Perusahaan, NPWP, SIUP, TDB, NIB, Jenis Kegiatan Usaha dan BUMN Pengampu), kemudian klik “BERIKUTNYA”. Pada bagian kolom BUMN Pengampu dan Organisasi/Himpunan, silahkan diisi sesuai dengan BUMN/Organisasi pengampu perusahaan Anda. Bagi UMKM di bawah naungan BUMN, silahkan diisi sesuai dengan BUMN pengampu. Bagi yang berada di bawah naungan organisasi, silahkan diisi sesuai organisasi pengampu.
  3. Pada step 2, isi alamat perusahaan dan informasi pembayaran, kemudian klik “BERIKUTNYA”. (Gunakan nomor rekening perusahaan, atau jika tidak ada, gunakan nomor rekening direktur utama atau pemilik perusahaan Anda).
  4. Di step 3, masukan data Person in Charge (PIC) perusahaan. Kemudian klik “BERIKUTNYA”. (Pastikan nomor ponsel dan email yang diisi sudah benar dan aktif).
  5. Pada step 4, upload kelengkapan dokumen dengan format JPG atau PNG dengan size maksimal 1MB. Kemudian klik “DAFTAR”. Setelah itu, maka toko yang didaftarkan akan masuk ke verifikasi tim PaDi UMKM. Apabila sudah diverifikasi, maka Anda akan mendapatkan email (email yang sudah didaftarkan) untuk melakukan aktivasi serta pembuatan password.
  6. Setelah mengirimkan permohonan registrasi, mohon tunggu paling lambat 3 hari kerja untuk proses review dan verifikasi. Jika belum lolos verifikasi, silahkan mendaftar kembali dan pastikan untuk melengkapi semua informasi, syarat dan ketentuan yang berlaku. Jika berhasil terverifikasi, Anda akan mendapatkan email notifikasi untuk aktivasi akun.
  7. Segera aktivasi akun Anda, buat password baru dan Anda telah bergabung dengan PaDi UMKM B2B.

Segera bergabung dengan PaDi UMKM sekarang juga!